KPU Bengkalis lakukan Tes Rapid kepada PPDP sebelum laksanakan Coklit

0
53

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis bersama dengan Pemda Bengkalis melakukan Rapid Tes kepada petugas PPDP yang akan melaksanakan Coklit Serentak. Sebanyak 1.285 petugas PPDP yang harus melakukan Tes Rapid tersebar di 11 kecamatan. Khusus wilayah Bengkalis dan Bantan tes dilaksanakan di kantor KPU Kabupaten Bengkalis. Sementara 9 kecamatan lain dilakukan di Puskesmas masing-masing setelah KPU berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Bengkalis.

Pelaksanaan Rapid Tes ini dilakukan pada (09/07/2020) di halaman Kantor KPU Kabupaten Bengkalis. Kegiatan dihadiri sekaligus membuka acara Plh. Bupati Bengkalis, H. Bustami HY, Forkompimda dan Pimpinan SKPD Bengkalis. Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Bengkalis menjelaskan bahwa Pelaksanaan Tahapan Pilkada Bengkalis yang sempat tertunda dikarenakan wabah Pandemi Covid-19 akan dilanjutkan kembali atas arahan dari KPU Republik Indonesia.

Untuk itu meskipun pelaksanaan Pilkada Bengkalis Tahun 2020 dilanjutkan, tetap pada pelaksanaanya harus memperhatikan protokol kesehatan pada masa Covid. Salahsatunya adalah pelaksanaan Pemuktahiran Data Pemilih dimana petugas PPDP akan turun langsung ke masrakat untuk melaksanakan Coklit. Sesuai dengan aturan yang berlaku, petugas PPDP yang akan melaksanakan Coklit harus dilakukan tes untuk memastikan kesehatannya dan dalam eksekusinya di lapangan petugas Coklitpun harus mengenakan standar APD.

Jadi sesuai dengan aturan pelaksanaan Pilkada 2020 dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini, salah satu kewenangan dan tugas dari KPU sebagai penyelenggara yakni memastikan seluruh jajaran penyelenggara pemilu menerapkan protokol kesehatan“, terang Fadil. (Chip/hupmas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here